Resume Remaja Harus Punya 4 Kunci Dalam Membangun Ketangguhan Mental

 


Global Engagement Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Genus Unusa) kembali menggelar program tahunan bertajuk Barave. Program ini merupakan seminar yang bertujuan untuk mendukung kesehatan mental remaja. Masa remaja merupakan periode kritis dalam perkembangan emosional, intelektual dan sosial. Ketangguhan mental tidak muncul begitu saja, proses membangun ketangguhan mental melibatkan berbagai aspek, termasuk pemahaman tentang diri sendiri, kemampuan untuk mengelola stres, serta pengembangan keterampilan coping yang efektif. Itu mengapa, penanaman mengenai ketangguhan mental perlu dipahami dan diketahui bagi setiap remaja hal itu disampaikan oleh dr.Hafid,Sp.Kj.,M.H. 

Kunci pertama yang harus dikuasai oleh remaja untuk mengatasi berbagai tantangan hidup  dan meminimalisir stres adalah the control pengelolaan emosi agar tetap tennag dan fokus. Kemudian the ownership mengambil alih tindakan berdasarkan keputusannya sendiri, tidak mudah menyalahkan orang lain.

Terakhir, tentang the reach dan the endurance , the reach mengacu pada remaja mencari dukungan, sedangkan the endurance menekankan pentingnya ketahanan dalam jangka panjang, agar menemukan jalan keluar.

Seminar ini juga dihadiri oleh dr. Amna Javed yang menjelaskan bahwa kesehatan mental bukanlah hasil faktor tunggal, tetapi akumulasi dari banyak kejadian yang bisa menimbulkan trauma. dr. Amna mengingatkan akan pentingnya hal yang bisa kita kontrol dan pentingnya menanamkan mindset optimis dan adaptif terhadap permasalahan kepada para remaja.

Melalui seminar ini, Genus Unusa menunjukkan komitmennya untuk terus berkontribusi dalam menciptakan generasi muda yang tangguh dan siap menghadapi masa depan.


Lihat juga blog teman saya : Viona


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Tentang Diri Sendiri

KOTA TUA SURABAYA